Sunday, December 21, 2014

Sistem; Konsep, Definisi, Unsur-unsur dan Jenis-jenisnya #1

Definienda: Dalam pergaulan sehari-hari Anda sering kali mendengar kata sistem. Misalnya dalam percakapan di kafe kopi tiam atau obrolan semi resmi sampai forum formal seperti diskusi panel, forum ilmiah dan sebagainya. Mari kita lihat dua contoh pernyataan yang sama-sama menggunakan kata sistem di bawah ini:
National Geographic

Contoh 1:
"Jantung adalah salah satu organ dalam sistem peredaran darah manusia dan hewan"

Contoh 2:
"Untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi kecelakaan lalu lintas digunakan prinsip sistem buka tutup yang diatur oleh Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL)" ini adalah contoh kalimat yang dikutip dari sebuah draft skripsi seorang mahasiswa.

Kedua contoh kalimat di atas adalah aplikasi dari pandangan W.A. Shrode dan Dan Voich, Jr dalam bukunya Organization and Management (1974). Shrode dan Voich mengklasifikasikan pengertian dan penggunaan sistem, yaitu yang merujuk kepada suatu identitas, wujud suatu benda (abstrak atau konseptual maupun benda konkret) yang memiliki tata aturan atau susunan struktural dari bagian-bagian/elemen-elemennya (entitas), dan yang merujuk kepada metode untuk mencapai tujuan. Contoh kalimat 1 adalah aplikasi sistem sebagai wujud suatu benda, sedangkan contoh kalimat 2 pengertian sistem lebih merujuk kepada metode untuk mencapai tujuan.

Definisi Sistem
Berikut ini definisi sistem menurut para ahli. 
Definisi yang paling sederhana sistem telah dikemukakan oleh Johnson, Kast dan Rosenzweig: 
Suatu sistem adalah suatu kebulatan/entitas yang kompleks atau terorganisir, suatu himpunan atau kombinasi hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan/entitas yang kompleks atau utuh"
Campbell (1979) memberikan definisi secara lengkap yang menunjukkan adanya tujuan yang hendak dicapai. Menurutnya, sistem adalah merupakan himpunan komponen yang saling berkaitan yang bersama-sama berfungsi untuk mencapai sesuatu tujuan.

Awad (1979) menyatakan bahwa sesuatu disebut sistem apabila merupakan sehimpunan komponen yang terorganisasikan dan berkaitan dengan sesuai rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Sejalan dengan Campbell dan Awad, Murdick dan Ross (1984) mendefinisikan sistem sebagai suatu sperangkat / susunan elemen-elemen yang berinteraksi dan membentuk aktivitas atau proses atau prosedur yang terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan. Definisi-definisi Campbell maupun Awad memang sedikit njlimet dan rumit, maka dari itu Murdick dan Ross memberikan gambaran yang dapat menjelaskan sistem dengan memberi contoh:
  1. Sistem Pabrik, yakni sekelompok orang, mesin dan fasilitas lain (disebut juga unsur atau sehimpunan elemen) melakukan kegiatan atau bekerja untuk menghasilkan jumlah dan jenis produk tertentu (kendaraan bermotor, sebagai tujuan bersama) dengan cara mendayagunakan dan mengolah atau memberlakukan persyaratan produk, jadwal, bahan mentah, bahan baku, sumberdaya lainnya (listrik) yang diubah menjadi daya mekanik (mengolah data, bahan dan energi) guna menghasilkan hasil karya/produk dan informasi yang telah direncanakan atau diterapkan pada para pelanggan (guna menghasilkan barang pada saat yang telah ditentukan).
  2. Sistem Informasi Manajemen. Sekumpulan orang, seperangkat pedoman dan alat perlengkapan pegolah data (sebagai sekumpulan unsur/elemen) yang berfungsi memilih,  menyimpan, mengolah dan memanggil kembali (retrieval) data (mengolah data dan bahan sebagai suatu proses) untuk mengurangi ketidakpastian di dalam pembuatan keputusan (sebagai tujuan bersama) dengan menghasilkan informasi bagi pimpinan/pengambil kebijakan (decission maker).
  3. Sistem Organisasi Usaha. Sekumpulan orang (sebagai sehimpunan unsur/elemen) mencari dan mengolah sumber-sumber material dan informasi (membuat kegiatan) untuk mencapai berbagai macam tujuan bersama.
Dari ketiga penjelasan Murdick dan Ross terlihat ada unsur di dalam definisi yang selalau ada yaitu: (1) sehimpunan unsur/elemen, (2) tujuan sistem, (3) wujud hasil kegiatan atau proses (dalam durasi waktu tertentu), dan (4) pengolahan data/energi/bahan.


Bahan Bacaan:
Awad, E.M., (1979) System Analysis and Design. Homewood Illinois: Richard D. Irwin
Kast, F.E., and Rosenzwigh (1970). Organization and Management: A System Approach. New York: McGraw Hill
Shrode, W.A and Dan Voich, Jr. (1974) Organization and Management: Basic System Concepts. Malaysia: Irwin Book Co.

Bagikan kepada Teman

0 Comment to "Sistem; Konsep, Definisi, Unsur-unsur dan Jenis-jenisnya #1"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading