Monday, December 15, 2014

Poster: Sejarah dan Jenis-jenisnya

Definienda: Poster adalah lembar pengumuman yang bertujuan untuk menyampaikan informasi / pesan bahkan ajakan yang ditempatkan di ruang publik atau tempat yang dapat dibaca oleh umum. Bahasa yang dipergunakan untuk membuat poster harus singkat, padat, menarik, dan persuasif.
Template ini karya Mas Sugeng

Secara fisik poster berbentuk media cetak berukuran besar yang di pasang tembok atau permukaan sejenis. Umumnya poster terdiri dari teks dan elemen visual, selain itu ada juga poster yang berisi seluruhnya teks atau seluruhnya visual. Poster dirancang untuk menarik perhatian sekaligus menyampaikan informasi persuasif bahkan provokatif.

Sejarah Poster
Negara Perancis, khususnya Kota Paris, di akhir abad 19 hingga beberapa dekade awal abad 20, telah menjadi pusat perkembangan poster modern. Penulis Perancis Guillaume Apollinaire menggambarkan hubungan berbagai jenis publikasi modern dan kehidupan Kota Paris pada masa itu: "Katalog, poster, dan berbagai pamflet iklan... . Percayalah pada saya, semua ini adalah puisi zaman (modern) kita". Seni dan semiman poster benar-benar mendapat peran penting dalam dinamika kehidupan kota di masa itu.

Awalnya, ini dipicu oleh perkembangan teknik cetak warna litografi yang sudah berkembang sejak abad 18. Seniman cetak grafis Jules Cheret, misalnya, dengan litografi multiwarnanya telah membangkitkan girah seniman sezamannya untuk menjelajahi kemungkinan baru dalam seni poster. Pamflet dan poster sebelum inovasi Cheret kebanyakan hanya berukuran kecil dan dipenuhi teks. Cheret mengubah semua itu: poster menjadi sangat pictorial, didominasi gambar dan teks jadi menciut porsinya. Tapi, tentu saja ada gerak sosio-ekonomi, faktor yang lebih mendasar, yang ikut mendorong perkembangan seni poster ini.

Sejak akhir abad ke-19, industrialisasi memicu produksi barang-barang konsumsi, tempat berpijak jasa periklanan modern. Kehidupan kota, yang tumbuh jadi pusat kesibukan modernisasi, dipenuhi acara hiburan bagi kelas menengah baru, menyediakan pentas luas juga bagi seni(man) poster. Melalui karya-karya Henri de Toulouse-Lautrec, seni poster ikut mengisi dan memperkaya khazanah perkembangan seni rupa modern Barat sampai paruh awal abad ke-20. Poster  karya
Henri de Toulouse-Lautrec banyak digunakan untuk panggung hiburan Moulin RougĂȘ' (1898) dengan mengikuti "style" sosok gemulai artis Jane Avril, dengan warna cerah dalam bidang-bidang lebar telah dianggap sebagai inovasi karya seni poster: masuknya cita rasa artistik seni rupa modern ke dalam bidang komunikasi massa dan niaga.

Poster karya Tadeusz Trepkowski tentang Penolakan Perang


Ciri-ciri Poster
Poster sebagai suatu karya seni harus memenuhi kriteria:
  1. Dapat menjangkau khalayak sasaran heterogen.
  2. Mempunyai frekuensi tinggi sehingga dapat dilihat berkali-kali.
  3. Cepat memperoleh perhatian.
  4. Adanya kesatuan yang harmonis antara unsur-unsur penyusunan poster seperti unsur teks verbal headline, bodycopy, caption (keterangan gambar), unsur rupa / visualnya (ilustrasi / elemen disain).
  5. Memberikan kejutan sehingga menarik perhatian, bisa dicapai dengan kontras warna, ilustrasi, bentuk huruf dan komposisi.
  6. Jarak pandang minimum 5-6 meter 
Jenis-jenis Poster
Berdasarkan konten, poster dapat dibedakan ke dalam:

  1. Poster Pendidikan; biasanya berisi ajakan atau informasi yang bersifat edukatif.
  2. Poster Layanan Masyarakat; biasanya berisi ajakan, informasi, yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah, organisasi nirlaba tentang ajakan, anjuran untuk berbuat sesuatu atau mengikuti sesuatu yang bersifat positif atau larangan berbuat sesuatu yang bersifat negatif.
  3. Poster Niaga; biasanya berisi pesan-pesan, informasi tentang produk-produk niaga; iklan
  4. Poster Seni; poster ini menonjolkan nilai karya seni desain grafis
  5. Poster Kegiatan; berisi tentang informasi suatu kegiatan/event  (konser, pertunjukan, lomba, penerimaan/rekrutmen anggota organisasi/pegawai pemerintah, dsb)
Sumber bacaan/gambar:
Enin Supriyanto, Kompas, 01 Agustus 2003   
Poster NIE! diambil dari: info-poland.buffalo.edu/


Bagikan kepada Teman

0 Comment to "Poster: Sejarah dan Jenis-jenisnya"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading