Tuesday, May 12, 2015

Angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah...

Definienda: Rata-rata lama sekolah (RLS/MYS) adalah rata-rata jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk berusia 15 tahun ke atas untuk menempuh semua jenis pendidikan formal yang pernah dijalani. Indikator RLS ini dihitung dari variabel pendidikan tertinggi yang ditamatkan dan tingkat pendidikan yang sedang dijalankan. Standar UNDP (Badan Program Pembangunan PBB) adalah minimal 0 tahun dan maksimal 15 tahun. 

Cara Menghitung Angka Rata-rata Lama Sekolah (ilustrasi: Komunitas Ayah Edy)
Angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS) akan menjadi salah satu komponen pembentuk indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yaitu   pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup di suau wilayah. Angka Rata-rata Lama Sekolah akan menjadi salah satu dari 4 komponen yaitu: Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Angka Rerata Lama Sekolah serta Pengeluaran per Kapita.

Angka harapan hidup adalah perkiraan lama hidup rata-rata penduduk dengan asumsi tidak ada perubahan pola mortalitas (kematian) menurut umur. Angka ini adalah angka pendekatan yang menunjukan kemampuan untuk bertahan hidup lebih lama. Standar UNDP besarnya adalah 25 < x > 85 (minimal 25 tahun dan maksimal 85 tahun). Sedangkan Angka melek huruf adalah proporsi penduduk berusia 15 tahun ke atas yang dapat membaca dan menulis dalam huruf latin ata lainnya. Standar UNDP minimal 0% dan maksimal 100%, selanjutnya pengeluaran perkapita, PDRB riil perkapita yang telah disesuaikan untuk menggambarkan daya beli masyarakat (parity purchasing power).



Cara Menghitung Angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS/MYS)

Misalkan Anda ditugaskan menghitung Angka rata-rata lama sekolah di Kelurahan Parit Padang. Dari data statistik diketahui jumlah penduduk Kelurahan Paritpadang sadalah 4.000 jiwa. Setelah dilakukan reduksi data di Kelurahan Paritpadang jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas sebanyak 3.314 jiwa. Jadi data yang diambil adalah data penduduk usia 15 ke atas saja, sedangkan data penduduk usia 0-4, 5-9 sampai 10-14 diabaikan atau disingkirkan.

Jumlah penduduk Kelurahan Paritpadang usia 15 tahun ke atas yang menyelesaikan atau sedang mengikuti pendidikan formal beserta dengan penghitungan lama pendidikan (sekolah) sebagai berikut:
Ijazah Pendidikan Formal yang Dimiliki
Jumlah Penduduk
15  keatas
yg sedang sekolah / telah berijazah
Lama Masa Pendidikan yg Dihabiskan
Jumlah Penduduk X Lama Pendidikan yg Dihabiskan
Doktor
2
21
         42
S2
12
18
       216
S1
121
16
    1.936
DIII
210
15
    3.150
SMA/SMK/MA
457
12
     5.484
SMP/MTs
756
9
     6.804
SD/MI
1.756
6
   10.366
Jumlah
3.314

    28.168

Pertanyaan: Berapakah angka rata-rata lama sekolah di Kelurahan Paritpadang?

Angka RLS di Kelurahan Paritpadang dapat dihitung dengan cara 28.168 : 3.314 = 8,50 tahun. 

Ini maknanya rata-rata lama sekolah di Kelurahan Paritpadang adalah 8,50 tahun atau rata-rata menyelesaikan pendidikan  kelas VIII SMP pada semester I. Dengan iniformasi ini pimpinan daerah dapat mengambil kebijakan, dalam rangka meningkatkan Angka Rata-rata Lama Sekolah. Misalnya meningkatkan pembangunan unit sekolah atau ruang kelas baru, pemberian beasiswa bagi penduduk kurang mampu, pembebasan uang sekolah, pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi, dsb. Regulasi yang bisa dibuat dalam rangka meningkatkan Angka Rata-rata Lama Sekolah misalnya pencanangan Wajib Belajar 12 Tahun dengan sebuah Peraturan Kepala Daerah/Peraturan Daerah.

Untuk menghitung Angka Rata-rata Lama Sekolah, data dan informasi yang dibutuhkan adalah:
a. Data penduduk menurut kelompok Usia
b. Data penduduk menurut Gender
c. Data penduduk menurut pendidikan

Demikian, semoga bermanfaat.

Bagikan kepada Teman

1 Comment to "Angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah..."

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading