Wednesday, October 22, 2014

Masyarakat Prismatik

Pernah mendengar masyarakat prismatik? Apa itu ya?
Bagi yang pernah belajar di ilmu sosial (khususnya sosiologi) tentunya pernah mendengar istilah itu.
istilah prismatik dipinjam dari disiplin ilmu fisika.
Adalah Fred W. Riggs, yang pertama kali memperkenalkan teori Masyarakat Prismatik.
Masyarakat prismatik dikenal juga masyarakat transisi.
Studi awal mengenai analisis administrasi pembangunan dalam perkembangannya diberikan oleh Riggs (1985). Ia menggambarkan tahap-tahap perkembangan administrasi mulai dari tingkat terbelakang sampai yang paling maju. Fred W. Riggs mengemukakan bahwa the theory of prismatic society, menempatkan tahap transisi dalam perkembangan suatu masyarakat sebagai masyarakat transisi, yang jika ditarik garis lurus terdapat antara apa yang disebut sebagai fused society untuk masyarakat tradisional dan diffracted society untuk masyarakat yang lebih maju. Istilah-istilah tersebut dipinjamnya dari ilmu fisika, khususnya ilmu fisika dengan menggunakan sifat-sifat yang dimiliki sebuah prisma terhadap cahaya.
Model birokrasi pada masyarakat yang prismatis disebutnya sebagai bureau atau “sala model” dan untuk masyarakat tradisional atau fused society model administrasinya disebut “chamber”, sedangkan untuk masyarakat yang telah maju atau diffracted society diberinya istilah “office”.


*) bacaan: 
Kadarwati, Universitas Terbuka, 2008

Bagikan kepada Teman

0 Comment to "Masyarakat Prismatik"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading