Wednesday, October 29, 2014

Fungsi Pubic hair pada Manusia

Tuhan Maha Mulia dan Maha Bijaksana. Dengan Kun fa ya kun, maka terciptalah apa yang Dia kehendaki. Tuhan menciptakan sesuatu tentu saja pasti akan ada manfaatnya, termasuk bulu-bulu yang tumbuh di atas kulit kita. 

Ada banyak macam bulu yang tumbuh di atas kulit kita. Jenggot adalah bulu yang tumbuh di dagu kaum pria. Alis adalah bulu-bulu halus yang tumbuh di atas kelopak mata kita. Pubic hair adalah bulu-bulu yang tumbuh di atas organ intim atau kemaluan. Jika wanita, pastinya bulu - bulu halus yang di bibir vagina atau lebih dikenal dengan pubic hair, yang berkembang sesuai dengan masa pubersitas remaja putri. Semakin mereka matang, maka pertumbuhan rambut akan semakin lebat, lebih hitam dari rambut di kepala, dan keriting. Tumbuhnya pubic hair merupakan salah satu pertanda bahwa semakin matang (mature) seorang anak memasuki usia dewasa (pubertas).

Lalu apa fungsi pubic hair pada manusia?

Rambut pada daerah genitalia frontal atau disebut pubic hair berkembang  sesuai pubertas dimana produksi hormon androgen menguat. Pubic Hair merupakan salah satu tanda kematangan sexual. Rambut yang tumbuh pertama-tama halus di sekitar labia kemudian pada tahap berikutnya rambut menjadi lebih tebal, lebat dan keriting menyebar hingga mendekati paha atau sampai kepada perut dekat pusar. Pubic hair ini biasanya warnanya bisa lebih hitam dari rambut di kepala tapi kebanyakan sama dengan bulu di alis dengan variasi dari keriting, lurus, ternyata warna juga dipengaruhi dan tergantung dari ras dan etnis. Biasanya pubic hair pada remaja yang memasuki usia pubertas tampak masih halus dan jarang, tidak begitu lebat.

Fungsi dari pubic hair
  1. Memberikan rasa kehangatan
  2. Sebagai indikator kematangan seksual (pubertas)
  3. Mengurangi efek gesekan saat berhubungan badan
  4. Protektor didaerah tempat tumbuhnya rambut kemaluan ini karena wilayah ini cukup sensitif (terutama vagina)
  5. Pengumpul feromon (zat kimia yang mengatur perilaku seks)
  6. Pada daerah Asia tengah dan Eropa timur terdapat kebudayaan yang menganggap bahwa pubic hair tidak hygine sehingga dicukur. Modifikasi dari pubic hair ini tergantung dari tradisi, kebudayaan, alasan kesehatan, fashion, sexual practice, dll. Ada sebagian yang digunting dengan berbagai model atau bahkan dicat. Hal ini tidak masalah sepanjang tidak menyebabkan infeksi.

*) dari berbagai sumber

Bagikan kepada Teman

2 Comments to "Fungsi Pubic hair pada Manusia"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading