Friday, February 6, 2015

Bra: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Definienda: Beha adalah pakaian dalam yang digunakan manusia berjenis kelamin perempuan. Beha dipakai oleh perempuan yang telah memiliki payudara yang telah mature. Beha juga ditulis dengan BH bisa juga disebut kutang atau bra.

Beha atau yang disingkat dengan BH merupakan singkatan dari kata berbahasa Belanda, Buste Houder, yang diserap dalam bahasa Indonesia cuma singkatannya saja (BH). Nama populernya di Indonesia adalah kutang. Namun sekarang kata bra sudah mulai menggantikan kata "beha" yang konon terkesan kasar, kata bra berasal dari bahasa Prancis, brassiere dan diterima dalam bahasa Indonesia melalui bahasa Inggris dengan teks yang sama brassiere.

Fungsi Bra pada Umumnya
Fungsi primer bra adalah melindungi buah dada atau payudara dan nipple dari gesekan yang mungkin terjadi saat aktivitas. Seiring perkembangan zaman dan mind-set si pemakai atau para pakar kesehatan/kecantikan, disinyalir ada beberapa jenis bra yang dapat berfungsi memperbesar dan mengencangkan payudara agar terlihat seksi si pemakainya. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi bra.
  1. Fungsi Protektif atau Perlindungan terhadap Payudara
  2. Fungsi Estetika - Kecantikan sebagai Pengencang Payudara
  3. Fungsi Penunjang/aksesoris Wanita
Jenis-jenis Bra dan Fungsinya
Setidaknya terdapat 10 jenis macam bra berdasarkan desain dan fungsinya. Berikut diketengahkan jenis-jenis underwear wanita ini berikut fungsinya masing-masing.

Demi Bra (bloomingdales.com)
Demi Bra; Demi bra didesain untuk mampu memberi daya topang besar ke payudara. Bra dengan model 3/4 cup dengan strap yang agak lebar yang cocok digunakan dengan pakaian yang berpotongan dada rendah. Demi Bra didesain untuk mengangkat payudara seperti push-up bra. Bra ini memberi kesan luar biasa pada belahan dada si pemakai
Push Up Bra (insidebras.com)
Push-Up Bra; jenis bra dengan spons di bagian dalam ini, cocok digunakan untuk wanita dengan payudara kecil agar terlihat lebih penuh dan berisi dan montok.
Full Cup Bra; bra ini didesain agar menutup payudara secara utuh dan dapat menopang payudara dengan maksimum. Bra jenis ini cocok untuk dipergunakan sehari-hari.
Full Cup Bra (elegantsecrets.co.uk)
Plunge Bra yaitu bra yang cocok digunakan bila anda mengenakan pakaian dengan potongan dada yang sangat rendah. Bra ini mirip dengan Demi Bra, namun bagian tengahnya lebih rendah dari Demi Bra.

Masih banyak jenis bra lainnya, tunggu updating tulisan ini.

Bagikan kepada Teman

1 Comment to "Bra: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading