Monday, October 27, 2014

Read Only Memory [ROM]

ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, dan secara teknis ROM mengacu pada media penyimpanan dari sebuah perangkat yang  berisi file dari operating system (OS) atau system operasi yang tidak bisa diubah sama sekali selama pengoperasian normal perangkat tersebut. Artinya data yang tersimpan pada ROM hanya dapat dibaca (read only). ROM sebagaian besar digunakan untuk memperbaharui firmware.

Salah Satu Jenis Perangkat keras ROM
Firmware merupakan Read-only pada Operating System yang bersifat permanen dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi (mengubah) data. Modifikasi dari firmware sebenarnya masih  dimungkinkan, hanya saja tidak semudah penggunaan seperti biasanya (dalam keadaan normal). Dibutuhkan hardware atau software khusus untuk melakukan hal tersebut. Sebagai contoh jika di komputer/tablet/smartphone,  file firmware adalah file berekstensi *.ftf  maka dapat diflash ke perangkat komputer atau ponsel  smartphone dengan menggunakan software flashtool.

Karena ROM bersifat read only (hanya bisa membaca) dan permanen dan non-volatile, ia hanya mengatur memori bahkan ketika sumber energi terputus. Sebaliknya, memori akses acak (RAM) mudah hilang; kehilangan data tersebut terbukti ketika sumber energy (listrik/batere) terputus/hilang, maka apa yang kita lakukan melalui perangkat input, sebelum dilakukan penyimpanan (saving) data akan hilang atau tidak ada perubahan.

Ada berbagai macam chip ROM yang terletak di motherboard dan beberapa diantaranya dapat dipasang pada expansion board. Chip adalah bagian penting bagi sistem input/output dasar (BIOS), pada saat komputer booting (permulaan aktivasi komputer), membaca dan menulis ke perangkat periferal, manajemen data dasar dan perangkat lunak sebagai dasar memproses utilitas tertentu

Bagikan kepada Teman

0 Comment to "Read Only Memory [ROM]"

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading