Monday, October 27, 2014

Antioksidan adalah...

Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang dapat menghambat, memperlambat, dan mencegah proses oksidasi lipida. Dalam arti khusus, antioksidan adalah zat yang dapat menunda atau mencegah terjadinya reaksi antioksidasi radikal bebas dalam oksidasi lipida. 



Antioksidan adalah nutrisi alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu, dan telah terbukti dapat melindungi sel-sel manusia dari kerusakan zat-zat yang bersifat oksidatif dan memberikan manfaat lainnya, yaitu :
  1. Menguatkan imun tubuh agar tahan terhadap flu, virus, dan infeksi.
  2. Mengurangi kejadian semua jenis karsinoma.
  3. Mencegah terjadinya glaukoma dan degenerasi makular.
  4. Mengurangi risiko terhadap oksidasi kolestrol dan penyakit jantung.
  5. Antiaging dari sel dan keseluruhan tubuh

Jenis-jenis Antioksidan

Vitamin A 
Vitamin A larut dalam lemak, ia dibutuhkan dalam pembentukan tulang, pencernaan, dan kesehatan mata selain itu juga dapat membantu membentuk sistem kekebalan tubuh dan kulit. Sumber makanan yang kaya akan vitamin A antara lain, wortel, hati, kentang manis, aprikot, jeruk, mangga, jambu biji, pepaya, susu, yogurt, dan kuning telur (yolk).

Vitamin C
Vitamin C dikenal sebagai penghalau radikal bebas yang berada di dalam suatu lingkungan yang berair, seperti didalam sel. Vitamin C bekerja secara sinergis dengan vitamin E untuk menghalau radikal bebas. Vitamin C banyak ditemukan di dalam jeruk, lemon, strawberry, tomat, paprika hijau, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin E
Vitamin E larut dalam lemak mampu memelihara membran sel (yang sebagian besar terdiri dari asam lemak) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Fungsi lain dari vitamin E adalah melindungi lemak di dalam LDL (kolestrol  jahat) dari proses oksidasi. Sumber vitamin E antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, minyak sayur, dan minyak hati.

Selenium
Selenium merupakan mineral yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang terukur, karena jika dalam dosis besar bisa menjadi racun bagi tubuh. Makanan yang kaya akan selenium antara lain, ikan dan kerang, daging merah, telur, ayam, bawang putih, dan padi-padian.

Beta-Karoten
Beta-karoten dikenal sebagai peluruh oksigen tunggal (suatu bentuk oksigen yang merupakan racun bagi tubuh) terbaik. Selain itu, beta-karoten juga merupakan pembersih radikal bebas yang baik terutama pada saat konsentrasi oksigen rendah. Beta-karoten dapat ditemukan pada wortel, paprika kuning dan merah, brokoli, kentang manis, mangga, dan jenis-jenis buah dan sayuran lainnya.

Likopen
Sebagai antioksidan, likopen sama dua kali lebih kuat dengan beta-karoten dalam melindungi sel darah putih dari kerusakan membran yang disebabkan oleh radikal bebas. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat dan serviks. Sebagai tambahan, likopen dapat mencegah penyakit jantung dengan cara menghambat oksidasi kolestrol LDL. Bersama dengan beta-karoten, likopen diketahui berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radiasi sinar UV. Makanan yang kaya akan likopen antara lain, tomat, jeruk bali, dan semangka.

Lutein
Lutein merupakan kartenoid dalam konsentrasi tinggi di daerah makula mata (bagian belakang mata yang menjadi tempat kedudukan retina), lutein dipercaya berfungsi menyaring sinar biru yang merusak serta melindungi bagian belakang mata dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Lutein juga membantu mencegah degenerasi makular yang berkaitan dengan usia, perkembangan glukoma, dan katarak. Sumber makanan yang kaya akan lutein antara lain sayuran berwarna hijau gelap, seperti brokoli, buah kiwi, daun bayam, dan tunas brussel.

Lignan
Lignan dipercaya mampu menangkap bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan dan mengubahnya menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, dan mengurangi estrogen penyakit seperti penyebab kanker (karsinogen). Makanan yang mengandung lignan banyak ditemukan pada biji rami, oatmeal, dan berley.


*) dari berbagai sumber

Bagikan kepada Teman

0 Comment to "Antioksidan adalah..."

Post a Comment

Blog ini menyajikan informasi dan pengetahuan populer yang Anda butuhkan secara responsible dan akuntabel, dinukil dari berbagai sumber terpercaya. Selamat berkunjung, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Have a Nice Reading